Minggu, 02 Desember 2012

Pembahasan Nepenthes Waktu SMA



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kalimantan Barat khususnya kabupaten sintang yang memiliki htan hitrogen dan juga memiliki berbagai jenis nepenthes salah satu nepenthes yang hidup di Sintang adalah jenis Hirsuta. Jenis hirsuta sangat mudah kita temukan di daerah sekitar kita.
Tumbuhan ini sangatlah menarik karena nepenthes sangat banyak macam jenis dan nepenthes ini sering juga disebut orang di daerah Sintang dengan nama Entuyut. Tanaman ini secara umum banyak diketahui oleh orang tetapi orang juga tidak tahu apa manfaatnya dan uniknya tumbuhan ini jadi orang menganggap tumbuhan nepenthes ini biasa-biasa saja, akan tetapi tumbuhan nepenthes ini memiliki manfaatnya juga, terutama nepenthes yang dapat dibudidayakan, dan nepenthes ini juga dapat menghasilkan nilai ekonomis kita, selain itu nepenthes ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat jerat ikan.
Nepenthes yang memiliki bentuk sedemikian rupa ini dapat kita manfaatkan dan kita lestarikan, nepenthes hirsute ini tumbuhnya bisa memanjat dan hidup berdiri sendiri dengan demikian nepenthes ini sangat mudah kita dapatkan dan harapannya agar nepenthes ini tetap lestari dihutan Kabupaten Sintang.  

B.       Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan kelompok kami membahas tentang Nepenthes Hirsuta karena jenis ini endemik terdapat di Kabupaten Sintang. Selain itu tujuan kelompok kami ingin mengetahui manfaat dari Nepenthes Hirsuta dan apakah nepenthes jenis ini termasuk dalam jenis nepenthes yang dibudidayakan di Kabupaten Sintang.

C.      Masalah
Masalah yang kami temui dan kami ketahui dalam penelitian nepenthes ini ialah sebagai berikut :
1.      Kurangnya kesadaran pemerintah terhadap nepenthes
2.      Tidak ada perhatian dari masyarakat
3.      Tidak ada kekompakan dalam kelompok
4.      Belum tahunya manfaat dari nepenthes
5.      Tidak ada kesadaran kita untuk membudidayakan nepenthes


BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

1.        Kurangnya kesadaran pemerintah terhadap nepenthes
Sebaiknya pemerintah harus memperhatikan dan mendukung masyarakat dalam pelestarian nepenthes agar nepenthes tetap lestari dan berkembang biak didaerah sekita kita, campur tangan pemerintah ini sangatlah diperlukan kita agar kita dapat melestarikan nepenthes.

2.        Tidak ada perhatian dari masyarakat
Selain pemerintah, masyarakat juga harus ada kesadaran untuk tetap melestarikan nepenthes yang ada dilingkungan sekitar kita, terutama tidak boleh membunuh nepenthes yang ada disekitar kita.

3.        Tidak ada kekompakan dalam kelompok
Tidak ada kekompakan dalam kelompok ini sangat memiliki pengaruh yang tinggi dalam pengamatan makalah, kami hanya beberapa orang yang mengamati nepenthes dan itupun Cuma sedikit kesadaran tetapi kami tetap melakukan penelitian karena kami ingin mengetahui jenis nepenthes yang ada di Kabupaten Sintang dan ingin mengetahui seperti apakah nepenthes itu, khususnya nepenthes Hirsuta.

4.        Belum tahunya manfaat dari nepenthes
Karena masyarakat yang belum tahu manfaat dari nepenthes maka masyarakat menganggap nepenthes tidak ada manfaatnya dan menganggap nepenthes tidak mengandung nilai ekonomisnya, mungkin dengan penelitian ini kami bisa tahu bahwa sesungguhnya nepenthes itu memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan nenepthes dapat dibudidayakan dilingkungan kita.

5.        Tidak ada kesadaran kita untuk membudidayakan nepenthes
Tidak adanya kesadaran kita ini sangat berpengaruh tinggi dengan perkembangan nepenthes yang ada dilingkungan kita, perlu kita sadari karena tidak semua daerah dan wilayah yang memiliki tanaman nepenthes, mungkin dengan adanya kesadaran kita terhadap tanaman ini. Dengan demikian masyarakat akan tahu tentang jenis-jenis nepenthes yang ada disekitar lingkungan kita. 


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pengamatan dan hasil penelitian kami tentang nepenthes jenis Hirsuta dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Nepenthes ini mudah kita dapatkan
2.      Nepenthes hirsuta juga mudah hidup ditanah rawa maupun kerangas
3.      Nepenthes hirsuta kurang cocok untuk dikembangkan sebagai penghias di halaman rumah.
4.      Nepenthes hirsuta juga dapat hidup dan beradaptasi di sembarang tempat

B.       Saran
Pertama dan terutama kami ucapkan terima kasih banyak pada guru bidang study yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengamati tumbuhan nepenthes yang ada di Kabupaten Sintang. Kami sadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu kritikan dan saran serta motivasi dari teman-teman atau pembaca yang telah membaca makalah ini sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah yang selanjutnya.
Demikian makalah ini kami buat dan tersusun, memuat hasil pengamatan kami tentang jenis nepenthes hirsuta yang ada di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Sintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar