Minggu, 02 Desember 2012

Asal Mula Batu Netak



Kisah nyata zaman dahulu di kampung halaman saya yaitu kisah Batu Netak. Batu yang memotong sungai yang sangat panjang atau sungai tempat penduduk dari beberapa desa mengambil air bersih, mandi, dan sarana untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Yang terdiri dari Desa Sungai Sintang, Desa Sungai Buaya, Desa Sungai Getah, Desa Melingkat, Desa Pelaik, Desa Kerapa Sepan, Desa Buluk Pendek dan beberapa desa lainnya. Terdiri dari 17 Desa dengan lebar sungai tersebut + 12 Meter. Orang-orang atau penduduk disekitarnya memberi nama Batu Netak karena sekitar tahun 1556 pada saat terjadi peperangan antar suku Batu itu tempat pemotongan kepala orang-orang pada zaman dulu.
Setelah berakhirnya peperangan pada zaman itu muncullah kisah-kisah yang mengerikan yaitu kisah munculnya istana dibatu itu beberapa kali dengan disaksikan oleh beberapa penduduk dikampung sekitar batu itu dan sering terdengar suara makhluk tanpa wujud serta terdengar suara ayam berkokok. Dari tahun ketahun tempat itu sering dikunjungi oleh penduduk di kampung disekitar itu kemudian penampakan Istana, Suara-suara aneh mulai menghilang. Kampung didekat batu itu dari tahun 1784 diberinama kampung Batu Netak.
Pada zaman dahulu batu tersebut sangat di takuti oleh penduduk sekitar sehinggar jarang dikunjungi, tetapi dari tahun ketahun hal-hal yang menakutkan mulai menghilang para penduduk mulai menggunjunginya dan hingga sekarang tempat itu tidak ditakuti oleh penduduk-penduduk sekitar karena suara-suara yang menakutkan tersebut sudah jarang terdengar. Sekarang yang sering di dengar hanyalah suara ayam berkokok. Tetapi batu itu sekarang banyak dikunjungi para pemuda kampung untuk mencari ikan bahkan untuk berpotret-potretan serta tempat berkumpul sejumlah pemuda.
Salah satu contoh hasil potretan di Batu Netak yaitu :















Karena dari tahun ketahun penduduk di kampung yang diberi nama Kampung Batu Netak semakin meningkat dan dibentuklah menjadi sebuah desa yang diberi nama Desa Sungai Baung yang terdiri dari tiga Dusun yaitu Dusun Kerapa Sepan, Dusun Sungai Baung dan Dusun Batu Netak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar